• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser

images

KOMPETISI SAMARINDA HACKATON 2.0 dengan Tema “Smart Citra Niaga”

Samarinda Hackaton 2.0 merupakan acara kolaborasi pengembangan proyek perangkat lunak yang ditujukan untuk kelompok penggiat bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berdomisili di Kalimantan Timur, kegiatan kali ini mengusung tema "Smart Citra Niaga". Samarinda Hackathon 2.0 digelar tanggal 3 hingga 4 Agustus 2019 di Command Center Room, Diskominfo Samarinda. Tema tersebut menantang para pengembang untuk menciptakan sebuah aplikasi yang memberikan solusi digital, guna menyelesaikan permasalahan di kawasan Citra Niaga.  Kriteria Lomba ini berdasar enam pilar Samarinda Smart City, yakni Smart Governance, Smart Economy, Smart Environment, Smart Living, Smart Society, dan Smart Branding.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 24 tim terdiri atas 22 tim berasal dari Samarinda dan sisanya berasal dari Balikpapan dan Sangata Kab. Kutai Timur.  Masing-masing tim yang terdiri dari 3 orang ini mengadu skill dengan membuat aplikasi yang nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat luas baik itu berbasis dekstop, web maupun android dan ios.  Pengambilan tema Smart Citra Niaga pada tahun ini di maksudkan untuk mengangkat kembali citra niaga yang pernah berjaya di masa lalu sebagai pusat perbelanjaan dan destinasi wisata andalan di kota Samarinda dengan sentuhan teknologi.

Acara ini dibuka oleh Kepala Diskominfo Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah.  Beliau menyampaikan bahwa pihak Diskominfo hanya sebagai penggerak dan menjadikan wadah buat programmer yang ada di Samarinda dan kota lainnya. Diharapkan dengan hadirnya programmer-programmer dengan aplikasi yang diciptakan bisa mengubah image citra niaga lebih menarik. Sebelum memulai lomba para peserta terlebih dahulu diberi pembekalan mengenai konsep smart citra niaga dan Pain Point oleh Kepala Bidang aplikasi

Diskominfo Kota Samarinda  Suparmin, kemudian pembekalan mengenai konsep pengembangan bisnis dan Tutorial penggunaan api.samarindakota.go.id dan git.samarindakota.go.id oleh Tim Teknis Kominfo. 

Lomba pembuatan aplikasi (coding) secara marathon dimulai pukul 13.00 wita sampai dengan pukul 12.00 wita keesokan harinya, kemudian hasil coding yang telah dibuat akan di presentasikan di depan juri untuk di nilai. Peserta diberi waktu 15 menit untuk mempresentasikan aplikasinya.  Poin penilaian terdiri atas keseluruhan ide/konsep aplikasi serta menjawab persoalan terkait tema (mempromosikan inklusivitas), penggunaan data Citra Niaga, fungsionalitas dari aplikasi, desain aplikasi (antara lain tampilan antar muka yang nyaman dan mudah digunakan, potensi komersialisasi dari aplikasi, originalitas dari aplikasi dan platform.


TAG

Dipost Oleh Selamet Mulyono

admin bidang Infraswil

Tinggalkan Komentar