• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser

images

Kunjungan Tim Kemitraan Kabupaten Paser

TANA PASER- Pemkab Paser berupaya melindungi para petani sawit agar harga jual tandan buah segar (TBS) selalu stabil. Semua itu kini diatur dalam  Peraturan Daerah (Perda) Nomor  9  Tahun 2018 tentang  tata  niaga dan pembatasan angkutan buah sawit yang salah satu  isi dalam Perda tersebut  mengatur masalah  kemitraan petani dengan perusahaan.

Selain Perda, juga ada Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) RI  Permentan Nomor  01/PERMENTAN/KB.120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Produksi Pekebunan.

Kesembilan poin kesepakatan, yakni  Pihak PKS siap melakukan kemitraan sesuai Permentan RI Nomor 01/PERMENTAN/KB.120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun dan Perda Nomor 9/2018 tentang Tata Niaga dan Pembatasan Angkutan Buah Sawit.

Selanjutnya seluruh jual beli TBS harus melalui kemitraan sesuai Permentan RI Nomor 01/PERMENTAN/KB.120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun dan Perda Nomor 9/2018 tentang Tata Niaga dan Pembatasan Angkutan Buah Sawit.

 Perjanjian kemitraan akan menjadi salah satu syarat dalam penilaan usaha perkebunan sesuai dengan aturan yang berlaku,dan akan dilakukan sanksi sesuai dengan peraturan.

Pihak perusahaan akan membantu dalam proses percepatan kemitraan antara perusahaan dengan Petani pekebun sampai pada perjanjian kemitraan selesai, apabila ada permohonan kemitraan yang masuk agar perusahaan segera memproses.

Oleh karena itu dilakukan kunjungan Tim Percepatan Kemitraan yaitu di mulai dari tanggal  23 s/d 24 Juli 2019 yang menjadi 2 Tim:

Tanggal 23 Juli 2019 Kunjungan Ke PT Gawi Makmur Kalimantan oleh Tim 1

Tanggal 23 Juli 2019 Kunjungan Ke PT MuaraToyu Subur Lestaeri oleh Tim 2

Tanggal 24 Juli 2019 Kunjungan Ke PT Harapan Sawit Sejahtera oleh Tim 1

Tanggal 24 Juli 2019 Kunjungan Ke PT Cahaya Bintang Sawit Sejahtera oleh Tim 2

Tim 1 adalah:

- Sekretaris Dinas Pertanian

-Kasih Benih dan Perlindungan Tanaman Perkebunan Dinas Pertanian

-Kasubag Pertanian Bina Ekonomi I

-Kabid Perekenomian dan SDA Bappeda Paser (Ibu Siti Nurjanah,SP,MP)

-Ketua APKASINDO

-Ketua SPKS

-Kasubag Perencanaan dan Keuangan Distan

Tim 2 adalah :

-Kabid Perkebunan Dinas Pertanian

-Kabag Bina Ekonomi I Sekda

-Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Distan

-Kasi Produksi Perkebunan Distan

-Kabid Koperasi Dinas Perindagkop

-Ketua GAPKI

-Forum Petani Kelapa Sawit 

 

monitoring ini bertujuan utk melihat sejauh mana pola kemitraan yang dilakukan oleh PKS 2 yang ada di Kabupaten Paser.

 


TAG

Dipost Oleh Admin Bappeda

Janganlah mengeluh untuk tangan yang belum bisa menggapai bintang dilangit, tapi Bersyukurlah untuk kaki yang masih dapat menginjak bumi...

Tinggalkan Komentar