• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser
  • Gunung Embun Desa Luan

images

Pelaksanaan Musrenbang Long Ikis 2018

Pembangunan lnfrastruktur Jadi Prioritas di Musrenbang Long Ikis 2018

Pemerintah  Kabupaten Paser menggelar Mu­ syawarah Perencanaan Pemba­ngunan (Musrenbang) di Keca­matan Long lkis,Selasa (20/2). Hadir dalam acara tersebut Wa­ kil Bupati Paser HM Mardikan­syah,Ketua DPRD Paser Kaha­rudin, Kepala Bappeda Paser IGusti Putu Suantara, sejumlah anggota DPRD Dapil Long Ikis, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Bupati Paser HM Mar­dikansyah mengatakan bahwa pelaksanaan musrenbang ke­ camatan adalah untuk menam­pung usulan masyarakat yang akan dijadikan sebagai dasar perencanaan pembangunan pada tahun anggaran 2019.

Musrenbang kata Mardikan­syah,setiap tahun digelar oleh Pemerintah Kabupaten Paser. Pada setiap tahun itu pula ma­syarakat,melalui Kepala Desa kerap menyampaikan usulan yang sama.Usulan yang sama ini dise­babkan karena Pemkab Paser belum bisa mengakomodir sejumlah  usulan pembangunan dikarenakan keterbatasan anggaran dan kondisi keuangan daerah yang defisit.

"Sebenamya banyak usulan dan beberapa kali diusulkan namun tidak bisa diakomodir karena keterbatasan anggaran dan kondisi keu­angan yang defisit,"kata Mardikansyah.

Oleh karena itulah kata Mardikansyah, Pemkab Pa­ser harus harus benar-benar selektif dalam melaksanakan pembangunan dengan mem­prioritaskan pembangunan yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat.

"Kami minta masyarakat bersabar karena belum terko­modir  semua   usulan.  Oleh karena   itu  para   Kades dan Camat diharap  terus  berkoordinasi dengan   Bappeda  dan lnstansi  terkait mengenai usulan tersebut,"imbuh Mar­dikansyah.

Perlu diketahui, beberapa tahun lalu APBD Paser pernah mencapai  Rp.2,4 Trilyun, namun sekarang hanya sebatas Rp.1,4Trilyun.

Mardikansyah mengatakan, Pemkab Paser pada tahun 2018 telah mengalokasikan anggaran di Kecamatan Long Ikis sebesar Rp. 53, 8 Milyar untuk peningkatan jalan dan saluran irigasi, Rp.2,8 Milyar untuk semenisasi jalan gang dan pembangunan penyedi­aan air bersih, Rp.1,9 Milyar untuk penambahan ruang ke­las,pagar, siring di sejumlah sekolah.Selain itu yakni Rp.413 juta untuk  pengadaan  ambulance dan pemeliharaan puskesmas long ikis, serta Dana Alokasi Khusus untuk pembangunan pasar di Desa Bukit Seloka se­besar Rp.1,3 Milyar.

Sementara Camat Longlkis Lukman Dharrna mengatakan pada Musrenbang tahun ini pihaknya telah menampung 306 usulan dari 25 desa dan kelurahan.

"Pada Musrenbang tahun ini, ada 306 usulan pemba­ ngunan dari 25 desa dan kelurahan di Kecamatan Long lkis,"kata  Lukman.

Dari 306 usulan itu,135di­ antaranya adalah sektor infra­struktur jalan dan selebihnya adalah sektor Pendidikan, ke­sehatan,dan sebagainya.

UsuIan tahun 2018,ditaksir mencapai Rp.340 Milyar. Le­ bih kecil dibanding usulan tahun 2017 yakni mencapai Rp.615Milyar,meski pada tahun lalu jumlah usulan hanya mencapai 227 usulan.

Lukman berharap, skala prioritas yakni infrastruktur jalan dapat dibangun oleh Pe­merintah Kabupaten. Karena menurutnya,itu yang menja­di kendala utama masyarakat dalam meningkatkan pereko­nomian di desa.

"Masyarakat Long lkis pada umumnya bertani, berdagang, dan usaha jasa. Namun ada satu kendala yaitu masalah infrastruktur.Semo­ ga usulan terkait pembangunan infrastruktur dapat terakomodir," ujar Lukman. (Adv)

Untuk Dokumentasi Lengkapnya dapat dilihat di Gallery Photo Bappeda Paser


TAG

Dipost Oleh Admin Bappeda

Janganlah mengeluh untuk tangan yang belum bisa menggapai bintang dilangit, tapi Bersyukurlah untuk kaki yang masih dapat menginjak bumi...

Tinggalkan Komentar