• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser

images

Rapat / Forum Validasi Data pada Aplikasi Data Berbasis Elektronik / e-Database

Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) adalah suatu sistem yang digunakan untuk pengelolaan data dan informasi, penyusunan, monitoring, dan evaluasi dokumen rencana pembangunan daerah.

Kewajiban Pemerintah daerah melakukan pemetaan, pengumpulan, pengisian, validasi, serta evaluasi data pembangunan daerah dengan menggunakan aplikasi Data Berbasis Eletronik/e-Database (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 3).

Dalam pengelolaan aplikasi, perangkat daerah bertugas selaku produsen data (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 6 ayat 2). Dalam pengelolaan aplikasi, perangkat daerah yang membidangi statistik bertugas selaku wali data (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 6 ayat 3). Pengisian data, dilaksanakan oleh produsen data dan dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 7 ayat 4).

Validasi data, dilakukan oleh walidata bersama dengan Badan perencanaan Daerah melalui Forum Validasi Data (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 7 ayat 5). Tahapan validasi data, dilakukan paling lama minggu kedua Bulan Februari setiap tahunnya terhadap data yang telah diisi di tahun sebelumnya yang hasilnya dimuat dalam berita acara (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 9 ayat 5). 

Berita acara paling sedikit memuat :

  1. Pernyataan bahwa data hasil pengumpulan dan pengisian oleh produsen data dapat dipertanggungjawabkan; dan
  2. Kesesuaian hasil pengumpulan dan pengisian data oleh produsen data dengan Standar Data dan pemetaan (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 9 ayat 6).

Berikut adalah dokumentasi dari acara tersebut diatas :

 


TAG

Dipost Oleh Andi Wardhana

admin bidang P2EP

Tinggalkan Komentar