• Selamat Datang Di Website Bappeda Kab.Paser

KATA SAMBUTAN KEPALA BAPPEDA KABUPATEN PASER

Assalamualaikum Wr. Wb,

Website Bappeda Kabupaten Paser ini dikemas sedemikian rupa, tidak hanya gambaran secara umum mengenai Bappeda Kabupaten Paser, akan tetapi menyangkut semua aspek program dan kegiatan pembangunan dari mulai proses perencanaan, penganggaran, monitoring dan evaluasi serta capaian keberhasilan pembangunan, sehingga dapat menjadi sumber data dan informasi bagi semua stakeholders dan masyarakat pada umumnya.

Terlepas dari semua itu, website Bappeda Kabupaten Paser hanya merupakan sebuah sarana informasi, kami menyadari bahwa web ini masih perlu terus dikembangkan, namun kehadiran website ini diharapkan dapat menjembatani serta memfasilitasi semua data dan informasi yang diperlukan, serta diharapkan memberikan manfaat dan sumbangsih berarti bagi pembangunan Kabupaten Paser guna mensejahterakan masyarakat.Website ini merupakan salah satu upaya menginformasikan, mensosialisasikan berbagai aspek pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan kepada masyarakat luas secara elektronik.

Akhirnya kami ucapkan selamat mengapresiasi, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua, Amin ya Robbal’alamin.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tana Paser,05 Oktober 2018
Kepala Bappeda Kabupaten Paser
Muksin,SS,MA 
 

Assalamualaikum .

Selamat datang di Website Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Paser, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada era modern saat ini , teknologi informasi merupakan bagian yang sangat penting dalam mempermudah penyampaian informasi kepada masyarakat. Kecanggihan teknologi informasi mempermudah berbagai pihak untuk mendapatkan data maupun kepentingan lainnya dengan lebih cepat, efisien, akurat dan terkini.

Bappeda berperan serta sebagai "agent of change" dalam Pembangunan daerah yang bertugas menentukan serta mengarahkan proses perencanaan pembangunan daerah, yang mana pada saat ini sangat dibutuhkan sistem online yang terintegrasi untuk memberikan layanan informasi ke publik maupun sosialisasi tentang tentang hasil-hasil pembangunan daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada umumnya dan kepada para pelaku usaha serta instansi terkait.

Untuk itulah Website Bappeda Kabupaten Paser ini dibuat sebagai sarana untuk menyampaikan data dan informasi seputar perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Paser.

Akhir kata kami mengucapkan terima kasih atas perhatiannya, semoga wabsite ini dapat bermanfaat untuk kita semua guna mewujudkan pembangunan yang Berkelanjutan di Kabupaten Paser.

Wassalamualaikum 
 
Tana Paser,02 Januari 2018
Kepala Bappeda Kabupaten Paser
 
 
Ir.I Gusti Putu Suantara,M.Si
 
 
 

 Lauching Website Resmi Bappeda Kab.Paser

            Alhamdulilah dengan mengucap rasa syukur kepada Allah SWT, karena akhirnya Bappeda Kabupaten Paser memiliki sebuah website sebagai sarana untuk menyampaikan segala data dan informasi seputar perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Paser.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada era modern sekarang ini, teknologi informasi merupakan bagian yang sangat penting dalam mempermudah berbagai aktivitas yang dilakukan masyarakat. Kecanggihan teknologi informasi memudahkan berbagai pihak untuk mendapatkan data maupun kepentingan lainnya secara lebih cepat, lebih efisien, lebih akurat, dan terkini.

Pembuatan informasi perencanaan pembangunan daerah berbasis teknologi informasi, tidak lepas dari amanat UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dann UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang bertujuan untuk mengoptimalkan perencanaan pembangunan daerah dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam pembangunan. Dipertegas lagi oleh Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah yang menyatakan bahwa "Dalam rangka pengelolaan dan pemanfaatan data dan informasi secara optimal, daerah perlu membangun sistem informasi perencanaan pembangunan daerah". Selain itu, dinyatakan pula dalam Inpres Nomor 3 Tahun 2003 yaitu "Pengembangan e-Goverment merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, melalui pengembangan e-Goverment dilakukan penataan sistem manajemen dann proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi". Pemanfaatan teknologi informasi tersebut mencakup 2 (dua) hal sebagai berikut :

  1. Pengelolaan data, penyampaian informasi dan proses kerja secara elektronis.
  2. Pemanfaatan kemajuan teknologi informasi agar pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat.

Badan  Perencanaan  Pembangunan Daerah (Bappeda) berperan sebagai "agent of change" dalam pembangunan daerah yang bertugas menentukan dan mengarahkan proses  pererencanaan pembangunan daerah.Untuk itu dibutuhkan  dukungan sistem online yang terintegrasi untuk memberikan  layanan informasi  ke publik maupun melakukan sosialisasi tentang hasil-hasil pembangunan daerah. Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pada umumnya, dan kepada para pelaku usaha serta instansi terkait pada khususnya, maka Bappeda Kabupaten Paser membuat website sebagai pusat pelayanan informasi pembangunan daerah di Kabupaten Paser dengan tujuan :

 

  • Menjadikan Bappeda Kabupaten Paser sebagai sumber informasi tentang perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Paser yang dapat diakses secara online oleh masyarakat.
  • Menyediakan sarana komunikasi yang interaktif bagi masyarakat maupun para stakeholder dalam menyampaikan masukan dan keluhan yang terkait dengan perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Paser.
  • Sebagai sarana promosi potensi daerah melalui media internet.

 

Akhir kata kami mengucapkan terima kasih atas perhatiannya, semoga website ini dapat bermanfaat untuk kita semua dalam mewujudkan keterpaduan serta kebersamaan para pelaku pembangunan guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Paser.
       

 
Tana Paser,02 Januari 2014
Kepala Bappeda Paser
 
Drs Muhammad Fauzi, MT