Bappeda Kab.Paser
  • Selamat Hari Jadi Ke-57 Kabupaten Paser
  • Goa Losan,Kec.Muara Komam
  • Selamat Datang di Website Bappeda Kab.Paser
  • Mesjid Agung,Tana Paser
  • Menara Jam Dinding,Tana Paser
  • Putri Petung,Tana Paser
1 Selamat Hari Jadi Ke-57 Kabupaten Paser2 Goa Losan,Kec.Muara Komam3 Selamat Datang di Website Bappeda Kab.Paser4 Mesjid Agung,Tana Paser5 Menara Jam Dinding,Tana Paser6 Putri Petung,Tana Paser7

 

Visi Dan Misi Bappeda Kab.Paser

Visi

Visi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Paser Tahun 2016-2021 adalah :

“Terwujudnya perencanaan pembangunan daerah yang berkualitas, partisipatif, akuntabel dan konsisten”


   Dalam penjabarannya, Visi BAPPEDA Kabupaten Paser dapat dijelaskan sebagai berikut::

Perencanaan Pembangunan, adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia. Pembangunan dalam hal ini adalah pembangunan daerah Kabupaten Paser yang merupakan usaha bersama seluruh komponen masyarakat dan pemerintah dalam rangka mencapai tujuan daerah yakni kesejahteraan masyarakat yang merata dan berkeadilan.

Berkualitas, berarti memiliki taraf yang tinggi pada pembangunan daerah dimana hal tersebut berasal dari proses perencanaan yang baik dan komprehensif. Sebuah perencanaan yang berkualitas merupakan titik tolak keberhasilan pembangunan daerah menuju masa depan lebih baik dengan program-program nyata yang efektif pada pencapaian sasaran pembangunan. Efektif dalam hal ini mengandung pengertian “ketepatan penggunaan dan hasil guna”, sehingga efektif merupakan faktor pokok dalam mencapai tujuan atau sasaran pembangunan yang berkualitas.Suatu penyelenggaraan perencanaan pembangunan harus mampu mengantarkan dan mendekatkan setiap tahapannya pada pencapaian tujuan pembangunan daerah yakni terwujudnya “Kabupaten Paser yang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan”.

partisipatif, berarti perencanaan pembangunan daerah yang tetap berpegang pada prinsip-prinsip dasar pembangunan yaitu dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dan dapat dipertanggungjawabkan secara transparan.

akuntabel, berarti dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta tidak bertentangan dengan kedua hal tersubut. Dalam perencanaan akuntabel erat kaitannya dengan transparansi dimana dalam kaidah perencanaan bahwa setiap program/kegiatanperencanaan pembangunan daerah harus transparan tidak ada yang ditutupi dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paser.

Konsisten, berarti mempunyai tujuan untuk menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan, dalam kerangka perencanaan, meliputi perencanaan jangka panjang, perencanaan jangka menengah dan perencanaan jangka pendek yang semuanya itu dituangkan di dalam dokumen perencanaan daerah. Konsisten dalam rangka pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Paser tahun 2016-2021 ditetapkan program proritas daerah untuk melaksanakan visi, misi dan prioritas daerah yang dituangkan di dalam pelaksanaan semua urusan pemerintah daerah baik urusan wajib maupun urusan pilihan. Dalam melakukan koordinasi dan sinkronisasi berbagai program prioritas pembangunan daerah, diperlukan adanya pengintegrasian proses perencanaan melalui musrenbang dari berbagai sumber pendanaan, sehingga diharapkan berbagai program prioritas pembangunan yang ditetapkan tepat sasaran pembangunan daerah.

 

Misi

            Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah beserta komponen-komponennya agar visi yang ditetapkan berhasil diwujudkan dengan baik. Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, maka disusunlah misi sebagai berikut:

1.   Meningkatkan kualitas dan sinergitas dokumen perencanaan pembangunan daerah

2.   Meningkatkan ketersediaan dan pengelolaan data, Informasi, penelitian dan pengembangan

      untuk mendukung perencanaan Pembangunan.

3.   Memantapkan fungsi koordinasi, pemantauan, pengendalian serta evaluasi kinerja dalam
perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah

4.   Meningkatkan kapasitas institusi dan tenaga perencana yang profesional dan berwawasan global